Memaknai Keikhlasan

Seperti inilah kehidupan. Sebaik apapun kita, sebesar apapun usaha untuk tidak membuat orang lain terluka, pada akhirnya (tetap) akan ada yang merasa tersakiti meskipun tak terlintas sedikitpun niat untuk melakukannya. Mengapa?

Ya, memang seperti itulah manusia. Terkadang bukan karena disakiti oleh orang lain, tetapi justru karena mereka menyakiti diri sendiri. Dengan tidak ridha atas kebahagiaan orang lain misalnya. Padahal, segala karunia itu Allah yang memberi. Semua pasti mengharapkannya, namun perlu kita ingat bahwa Allah-lah Al Wahhab. Hanya Allah yang berhak mendatangkan segala karunia. Ketika Allah berkehendak, maka tidak ada yang bisa mencegahNya, dan apabila Allah tidak berkeinginan untuk memberikan, maka tidak ada satupun makhluk yang bisa mendatangkan.

Lalu, masih pantaskah kita merasakan ketidakrelaan atas kebahagiaan orang lain? Seharusnya tidak. Tetapi, (biar ku tegaskan sekali lagi) seperti itulah bagaimana manusia diciptakan. Ia terkadang perlu sedikit banyak waktu untuk melatih perasaan dalam membangun keridhaan terhadap orang lain.

Jadi, pilihan terbaik dalam menyikapi segala hal yang telah Allah tetapkan adalah terus belajar untuk ikhlas. Karena makna ikhlas tidak akan pernah habis untuk ditelusuri. Ikhlas tidak berhenti (hanya) sampai pada kelapangan hati kita atas kebahagiaan orang lain atau sebatas menerima segala takdir. Ikhlas itu jalannya teramat panjang, hingga tiba di titik keridhaan ketika Allah menginginkan kita untuk kembali padaNya. Mungkin, seperti itulah bagaimana keikhlasan seharusnya dimaknai.

والله أعلمُ بالـصـواب

8 pemikiran pada “Memaknai Keikhlasan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s